Susu Kental Manis, Aman?

Susu kental manis sendiri sebenarnya merupakan susu yang airnya telah dikurangi dan susu tersebut di tambahkan gula sebagai pengawet. Susu yang telah di proses sedemikian rupa menjadi susu yang kita kenal sekarang dengan tekstur kental dan rasa yang sangat manis. 

Sebenarnya menurut BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makan sendiri, susu kental manis aman untuk dikonsumsi oleh siapapun termasuk anak-anak. Namun, memang tidak boleh untuk bayi. Paling tidak Anak dengan umur 1 atau 2 tahun keatas sudah aman mengkonsumsinya dengan syarat tidak untuk mengkonsumsinya secara berlebihan.
Anak tetap membutuhkan asupan gizi lain, sehingga jangan memberikan susu kental manis terlalu banyak dan mulai memberikan asupan makanan lain untuk melengkapi gizi si kecil. Pada label susu kental manis pun biasanya tidak tercantum susu segar atau susu bayi, sehingga kategorinya berbeda. Untuk bayi memang disarankan untuk susu yang berkategori khusus sesuai umur yang tertera pada produk susu.

Sehingga kesimpulannya, susu kental manis itu aman, asalkan tidak di konsumsi untuk bayi dan tidak berlebihan untuk siapapun yang mengkonsumsinya.


Pihak BPOM pun menghimbau kepada masyarakat, jika merasa suatu produk bermasalah untuk dikonsumsi agar melaporkannya kepada pihak BPOM atau menanyakan langsung. Ketimbang beropini hanya dari kabar beredar yang belum tentu dapat dipercaya dan membuat resah masyarakat.

Komentar